Postingan

STRUKTUR ARRAY

Gambar
  1.   Defenisi array Perhatikan dan simak baik – baik   penjabaran berikut ini : Terdapat 1 buah rak buku yang memiliki 5 buah laci dengan ukuran yang sama. Masing – masing laci dapat menampung buku sebanyak 20 buku, adapun total buku maksimal pada arak tersebut adalah : 100 buku.   Kronologi penyimpanan buku dalam setiap laci memiliki konsep kerja yang sama dengan metode penyimpanan data dalam array. Laci kita anggap sebagai sebuah tempat untuk menampung buku . Jika kita menganggap array adalah laci, maka array dapat kita katakan sebagai tempat untuk menampung nilai/value . Buku disini sebagai nilai/value, dan laci disini dapat dikatakan sebagai array. Perhatikan urutan laci di atas, baik laci ke 1,2,3 sampai dengan 5. Dalam konsep array, angka 1 sd. 5 dapat dikatakan sebagai indeks , laci tersebut hanya boleh diisikan dengan buku. Hal ini dikarenakan karena array merupakan sebuah tempat untuk menampung nilai/value yang sama jenisnya . ' Jika di laci ke 1 kamu isi b

PERCABANGAN

Gambar
 PERCABANGAN Dalam bahasa pemrograman Pascal, dikenal ada namanya percabangan. Percabangan ini dimaksud untuk membuat keluaran (output) berdasarkan pilihan yang dibuat. Contoh : Terdapat 3 siswa sbb : Ada sebuah pernyataan mengenai tabel di atas , yang kalau kita simpulkan , pernyataan tersebut berbunyi : Jika Nilai Siswa >= 75, maka siswa tersebut lulus, Jika Nilai Siswa <75 maka siswa tersebut remedial. Berdasarkan tabel di atas , maka yang remedial adalah ANI, karena nilainya sebesar 60. untuk membuatnya kedalam kode, perhatikan listing kode nya sbb : program percabangan1; uses crt; var nama : string; nilai : integer; keterangan : string; begin write('input nama siswa :'); readln(nama); write('input nilai siswa :'); readln(nilai); if (nilai >= 75) then begin keterangan :='lulus'; end else begin keterangan :='remedial'; end; writeln('keterangan :', keterangan);   readln; end. Konsep percabangan ada 4 , 1. Percabangan 1 kondisi 2 perny

MENGENAL VARIABEL DAN TIPE DATA

MENGENAL VARIABEL.                  Dalam pembuatan flowchart minggu lalu, kamu diberikan contoh membuat flowchart cara membuat secangkir kopi dan cara membuat email di gmail. Perhatikan flowchart yang kamu buat minggu lalu atau jika lupa , perhatikan flowchart yang ibu berikan di materi sebelumnya yakni :  https://www.titicoma.com/2020/08/struktur-penulisan-algoritma.html               Perhatikan simbol input yang berbentuk jajar genjang yang letaknya di bawah simbol start : Untuk membuat secangkir kopi, dibutuhkan kopi,gula, air panas, cangkir, dan sendok. Nah, di antara elemen - elemen tersebut, yang dapat menampung nilai, itulah yang dikatakan variabel . Menurut kamu, manakah yang dapat menampung nilai di antara elemen di atas? Jika kamu menjawab cangkir, dan sendok, maka jawaban kamu benar.                 Sama halnya dengan cara membuat email di gmail, kamu butuh no hp, butuh nama depan, belakang, tanggal lahir, dsb , itulah yang dinamakan variabel.               Contoh lain : m

STRUKTUR PENULISAN ALGORITMA

Gambar
STRUKTUR PENULISAN ALGORITMA          Seperti yang kita ketahui bahwa algoritma adalah suatu langkah langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan, dimana langkah - langkah tersebut disusun secara sistematis dan logis (masuk akal).  Dalam penulisan algoritma, kita memiliki 3 struktur penulisan, yakni : 1. Struktur Bahasa Alamiah (Natural Language)  2. Struktur algoritma dengan flowchart 3. Struktur algoritma dengan pseudocode. Penjelasan . 1. Struktur bahasa alamiah (Natural Language)  Langkah - langkah yang disusun berdasarkan bahasa alamiah, sesuai dengan contoh yang kamu kerjakan kemarin (langkah membuat secangkir kopi panas). Langkah - langkah yang disusun berdasarkan contoh tersebut disusun secara singkat, padat dan mudah dimengerti, tetapi masih mewakili proses yang akan dilakukan. Metode peulisan algoritma menggunakan bahasa natural language memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Adapun keuntungan gaya penulisan natural language, antara lain : mudah penulisannya, sederhan

KONSEP ALGORITMA I

Hai... disini kalian dapat mempelajari materi pemrograman dasar dengan lebih mudah. code boleh dicopy. semoga bermanfaat untuk para pemula yang tertarik pada pelajaran pemrograman dasar di  SMK . MATERI 1 : KONSEP ALGORITMA Istilah algoritma sebenarnya berasal dari kata "algorism" yang merupakan panggilan populer bangsa Eropa terhadap seorang ahli matematika muslim yang bernama Abu Ja'far Muhammad Ibnu Al - Khwarizmi yang hidup pada abad ke 19. Seiring perkembangan zaman, istilah algorism berubah menjadi algoritma. Algoritma adalah suatu urutan / langkah - langkah untuk memecahkan suatu permasalahan, dimana langkah - langkah tersebut harus disusun secara sistematis dan logis. Contoh algoritma dalam kehidupan sehari - hari : Jika kamu dimintai tolong untuk membuat secangkir kopi panas, langkah apa yang akan kamu lakukan??? Kalau kita menyusunnya seperti urutan di bawah ini : Urutan A 1. Siapkan cangkir, sendok, kopi, gula, dan air panas. 2. Masukkan kopi secukupnya ke dala

PENDAHULUAN : PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK KELAS XI RPL

Gambar
Assalamualaikum wr,wb dan selamat pagi siswa kelas XI RPL semuanya, semoga kita selalu diberi kesehatan ya. Aamiin yra. Selamat datang di tahun ajaran baru 2020/2021, kali ini saya akan menyampaikan kompetensi Inti dan kompetensi dasar mata pelajaran Pemrograman web dan perangkat bergerak Kelax XI yang akan kita pelajari selama 1 tahun ke depan. Berhubung situasi dan kondisi masih menggunakan proses pembelajaran daring, maka saya harapkan kesediaan/keaktifan siswa saya semuanya dalam mengerjakan tugas - tugas praktikum yang akan saya sampaikan di pertemuan berikutnya. So... mari kita bekerja sama dengan baik ya, agar semua kompetensi yang hendak dicapai dapat terpenuhi tepat waktu. Silahkan dibaca dulu materi materi yang akan kita bahas sepanjang tahun ajaran ini. stay tune terus tiap hari senin mulai pukul. 08.15 sampai 14.00 wib. keep spirit...

PRAKTEK INTERFACE PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK KELAS XI RPL

Gambar
UJIAN PRAKTEK SEMESTER GENAP PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK KELAS XI RPL TP.2019/2020 Soal : Praktekkan langkah - langkah perancangan aplikasi "Menghitung Sewa Kamar Hotel dengan Netbeans", sebagai berikut ini. (*Sumber : Pemrograman Dasar. Andi Novianto. 2017) 1. Terdapat tiga buah tipe kamar, yakni : Mawar, dengan kamar A.101 dan A.102 Melati, dengan kamar B.201 dan B.202 Anggrek, dengan kamar C.301 dan C.302 2. Diskon kamar memiliki ketentuan sebagai berikut : Jika lama menginap selama 2 hari akan mendapatkan diskon 2% sub total. Jika lama menginap lebih lama dari 2 hari sampai 4 hari , akan memperoleh diskon 2,5 % sub total Untuk tamu hotel yang menginap lebih dari 4 hari, besaran diskon 4% sub total 3. Subtotal adalah sewa kamar dikalikan lama menginap 4. Total adalah subtotal dikurangi nilai diskon. Untuk membuat aplikasi perhitungan sewa hotel, ikuti langkah berikut : Jalankan aplikasi Netbeans 8.2 Buat project baru denga